MIN 3 Sukoharjo (Humas) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Sukoharjo kembali menorehkan prestasi gemilang melalui salah satu siswa berbakatnya, Sultan Septian Rahmadi, yang berhasil meraih Juara IV pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024 tingkat Kabupaten/Kota. Prestasi ini mendapat pengakuan resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia dengan diterbitkannya Piagam Penghargaan Nomor: B-711.5/Dt.1.1/PP.032/07/2024. Penghargaan ini dikeluarkan di Jakarta pada 4 Juli 2024 dan ditandatangani oleh Direktur Kurikulum Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah.
Dengan prestasi ini, Sultan dinyatakan layak untuk maju ke kompetisi tingkat Provinsi. Keberhasilan ini tidak hanya membawa nama baik bagi Sultan dan keluarganya, tetapi juga mengharumkan nama MIN 3 Sukoharjo di kancah pendidikan nasional.
Tersirat melalui WA Grup, Heru Purnomo, Kepala MIN 3 Sukoharjo, telah mengucapkan selamat kepada Sultan Septian Rahmadi atas prestasi gemilang yang telah diraih. dikatkannya, prestasi tersebut merupakan buah dari kerja keras, disiplin, dan ketekunan yang luar biasa. ” Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi bagi Sultan dan seluruh siswa MIN 3 Sukoharjo untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama madrasah kita ” ujar Heru Purnomo.
“Kepada seluruh keluarga besar MIN 3 Sukoharjo, melalui Kantor Kemenag Sukoharjo Dengan Kepemimpinan Bapak Muh.Mu’alim mari kita jadikan prestasi ini sebagai titik tolak untuk semakin meningkatkan kontribusi nyata kita dalam mewujudkan visi Maju Bermutu dan Mendunia ” Imbuhnya.
Terrkait hal tersebut, Heru Purnomo memberikan langkah-langkah praktis yakni sebagai berikut;
Dukungan dan Motivasi: Berikan dukungan penuh dan motivasi kepada Sultan Septian Rahmadi yang akan maju ke kompetisi tingkat Provinsi. Pastikan peserta didik mendapatkan bimbingan dan fasilitas yang memadai untuk mempersiapkan diri dengan baik.
Pembinaan Siswa Berprestasi: melakukan pembinaan intensif bagi siswa-siswa yang memiliki potensi di berbagai bidang akademik dan non-akademik. Seperti halnya prestasi Sultan dapat dijadikan sebagai contoh dan inspirasi bagi siswa lain.
Kolaborasi dan Sinergi: memperkuat kolaborasi antara guru, orang tua, dan komite sekolah dalam mendukung pengembangan potensi siswa. Dengan sinergi yang baik akan menghasilkan prestasi yang lebih maksimal pula.
Pengembangan Kurikulum: meningkatkan kualitas kurikulum dan metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan zaman dan lebih fokus pada pengembangan keterampilan abad 21 yang meliputi kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi.
Fasilitas dan Sarana: memperhatikan penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar. Karena lingkungan yang kondusif akan meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.
” Dengan langkah-langkah tersebut, saya yakin MIN 3 Sukoharjo dapat terus berprestasi dan memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan. Mari bersama-sama kita wujudkan visi Madrasah Maju Bermutu dan Mendunia untuk kemajuan dan kejayaan madrasah kita tercinta ” pungkas Kepala madrasah, Heru Purnomo. (dyt/djp)